PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM PROMOSI KESEHATAN DI PUSKEMAS TANJUNG ARU KECAMTAN TANJUNG HARAPAN KABUPATEN PASER (Abdul Razak)

March 4, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 4, 2021 @ 6:57 AM
IP: 114.122.228.218

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PROGRAM PROMOSI KESEHATAN DI PUSKEMAS TANJUNG ARU KECAMTAN TANJUNG HARAPAN KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Abdul Razak
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi sosial, program promosi kesehatan
  • 4. Description [Abstrak] : Sebagian besar masalah kesehatan khususnya di Indonesia terjadi karena kuranya kepedulian serta pemahaman masyarakat terkait informasi kesehatan selain karena perilaku masyarakat yang kurang perduli akan masalah kesehatan permasalahan lainnya yaitu kebudayaan yang salah yang samapai saat ini masih tertanam di dalam kehidupan masayarakat Indonesia khususnya di wilayah pedesaan ini menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian di Desa Tanjung Aru, di Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser keadaan Desa yang jauh dari pusat kota serta keadaan pedasaan yang masih susah untuk mengakses informasi, membuat warganya tertinggal akan informasi kesehatan selain itu tingkat kepercayaan masyarakat yang masih percya akan pengobatan dengan bantuan paranormal hal ini membuat peneliti yakin untuk melakukan penelitian tentang “Persepsi Masyarakat Tentang Program Promosi Kesehatan di Desa Tanjung Aru”. Tujuan dari penelitian ini. Untuk menjelaskan pemahaman masyarakat tentang informasi kesehatan dan untuk memberikan gambaran tanggapan masyarakat tentang metode penyampaian informasi kesehata. Penelitian ini teori dan konsep persepsi sosial, promosi kesehatan, tujuan promosi kesehatan, ruang lingkup promosi kesehatan dan Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengam menggabungkan metode kualitatif dan kuantitaif, penentuan subyek menggunakan metode populasi dan sampel dan teknik purposive sampling. metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara, dokumentasi dan tinjauaan pustaka dan membuat interpretasi menuju pada kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pemahaman masyarakat terkait informasi kesehatan masuk katagori baik untuk pemahamn informasi tentang Imunisasi dan program KB namun untuk informasi GERMAS pemaham masyarakat masuk dalam katagori tidak baik hal ini terjadi berdasarkan pandangan masyarakat tidak meratanya penyampaian informasi tersebut sehingga ada beberapa masyarakat yang tidak mengerti tentang informasi tersebu untuk tanggapan masyarakat tentang metode penyampaian informasi untuk metode penyuluhan masuk dalam katagori baik dan metode dengan menggunakan sepanduk juga masuk dalam katagori baik sedangkan brosur dan media sosial masuk dalam katagori tidak baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Persepsi sosial, program promosi kesehatan
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 4 Maret 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

63 total views, 1 views today