ANALISIS KOMUNIKASI VERTIKAL PADA REMAJA DI PUSAT PENGEMBANGAN ANAK (PPA) SAMARINDA SEBERANG (Marvina Debora, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo)

March 4, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 4, 2021 @ 5:56 PM
IP: 36.82.211.211

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS KOMUNIKASI VERTIKAL PADA REMAJA DI PUSAT PENGEMBANGAN ANAK (PPA) SAMARINDA SEBERANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Marvina Debora, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: remaja Pusat Pengembangan Anak (PPA), Pusat Pengembangan Anak (PPA), komunikasi,
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis efektivitas komunikasi vertikal yang terjadi pada remaja di Pusat Pengembangan Anak (PPA) Samarinda Seberang. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan melalui observasi dan wawancara. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, di mana peneliti menentukan informan dengan pertimbangan dan kategori tertentu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif model interaktif (Mathew B. Miles, Michael Huberman, dan Saldana, 2014).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi vertikal pada remaja di Pusat Pengembangan Anak (PPA) telah berjalan efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi vertikal ke bawah dilakukan pengambilan keputusan, arahan, instruksi, dan motivasi. Sedangkan komunikasi ke atas yang dilakukan anak remaja kepada mentor terkait saran, usulan/ide, pertanyaan, dan pendapat. Kehadiran PPA dalam anak remaja membantu dalam perkembangan jasmani dan rohani mereka. Kegiatan yang ada dalam PPA memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan kemampuan dan bakat pada diri anak sehingga menimbulkan kepuasan dan menyebabkan mereka untuk terus aktif mengikuti PPA.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa, S.Sos., MM & Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 04 Maret 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

61 total views, 1 views today