KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI DESA MENDIK MAKMUR KECAMATAN LONGKALI KABUPATEN PASER (Bela Rismayana)

March 22, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rismayana, Bela
On: Mar 22, 2021 @ 6:08 PM
IP: 180.248.120.132

  • 1. Title [Judul]: KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI DESA MENDIK MAKMUR KECAMATAN LONGKALI KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bela Rismayana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepemimpinan, Kepala Desa, partisipasi, masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa perilaku karakteristik kepribadian kepala desa yang mampu memberi motivasi dan masukan-masukan kepada masyarakat sehingga adanya partisipasi masyarakat di Desa Mendik Makmur Kecamatan Longkali Kabupaten Paser. Penelitian ini menggunakan indikator kepemimpinan yaitu inisiatif, motivasi, pembinaan, dan tanggung jawab serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan partisipasi masyarakat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kepemimpinan Kepala Desa Mendik Makmur telah melaksanakan kewajibannya dengan baik dan selalu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa. Kemudian, kepala desa memberikan inisiatif berbentuk saran agar masyarakat selalu berinovasi untuk meningkatkan produktivitas, kemudian motivasi yang diberikan berbentuk kalimat penyemangat yaitu dengan mengucapkan jargon “Bersama Kita Bisa” dalam setiap kegiatan, adanya pembinaan langsung dari kepala desa yang meluangkan lebih banyak waktunya bersama masyarakat, bentuk tanggung jawab berupa transparansi anggaran, ketepatan waktu dalam menyalurkan bantuan dan Kepala Desa memberi kepercayaan kepada masyarakatnya untuk selalu berkreasi pada bidangnya masing-masing. Dengan adanya dorongan dari seorang pemimpin masyarakat memiliki gairah untuk melakukan perubahan dan semangat gotong royong yang mulai timbul menjadi faktor pendukung yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan partisipasi masyarakat. Kemudian masyarakat juga sudah mulai berupaya untuk melakukan perubahan karena adanya penyadaran langsung dari Kepala Desa. Sedangkan faktor penghambat partisipasi masyarakat yaitu terkendala terhadap jadwal pekerjaan, dan adanya perbedaan pilihan politik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar, MM dan Nur Hasanah, S.Sos, M.si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 22 Maret 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal articel

Loading

Print Friendly, PDF & Email