PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DI DESA PRANGAT BARU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Ayu Habibah)

March 23, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 23, 2021 @ 11:33 AM
IP: 36.82.210.31

  • 1. Title [Judul]: PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM KEGIATAN PEMBANGUNAN DI DESA PRANGAT BARU KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ayu Habibah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan, ADD, Pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu pengelolaan alokasi dana desa dalam kegiatan pembangunan di Desa Prangat Baru yang belum maksimal. Fokus penelitian ini berdasarkanPenelitian Peraturan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 8 tahun 2018 tentang Alokasi Dana Desa “pengelolaan keuangan desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa”. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan, mengidentifikasi, menganalisis Pengelolaan alokasi dana desa dalam Kegiatan Pembangunan di Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara serta faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan pengelolaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Kantor Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara, kemudian dilakukan upaya untuk melakukan observasi dan bertemu langsung melalui wawancara dengan perangkat desa dan perwakilan lembaga kemasyarakatan. Dengan Sekretaris Desa sebagai key informan, Perangkat Desa dan Staf Desa, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dusun I dan II, serta Ketua PKK sebagai informan melalui metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan alokasi dana desa dalam kegiatan pembangunan di Desa Prangat Baru Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara masih belum berjalan secara maksimal. Masih ada kendala dalam proses pengelolaan baik dari dana sebagai sumber pembiayaan, pemerintah desa sebagai unit pengelola dana, dan masyarakat sebagai subjek pembangunan. Mayoritas pembangunan masih berupa pembangunan fisik, pembangunan non fisik masih belum berjalan di Desa Prangat Baru. Walaupun dalam proses pengelolaannya belum maksimal, masyarakat tetap merasakan manfaat dari pembangunan yang dibiayai oleh alokasi dana desa..
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email