Implikasi Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Bagian Produksi di Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda (Nita Widya)

April 7, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Widya, Nita
On: Apr 7, 2021 @ 12:59 PM
IP: 114.5.105.159

  • 1. Title [Judul]: Implikasi Penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Bagian Produksi di Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nita Widya
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penggunaan Teknologi, Aplikasi WhatsApp, Produktivitas Kerja
  • 4. Description [Abstrak] : Penggunaan aplikasi pesan instan kian populer. Aplikasi ini juga banyak digunakan dalam komunikasi organisasi. WhatsApp adalah satu diantara yang paling banyak digunakan. Tak sedikit instansi publik, memanfaatkan WhatsApp untuk pusat layanan pengaduan, hingga sarana komunikasi internal. Salah satu instansi yang mennggunakan aplikasi WhatsApp adalah Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.
    Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan Implikasi Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Bagian Produksi di Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan Direktur Teknik dan Kepala Bagian Produksi Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda sebagai Key Informan. Teknik pengumpulan data dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (observasi, wawancara dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana.
    Hasil penelitian menunjukan, penggunaan Aplikasi WhatsApp terbukti meningkatkan produktivitas kerja pegawai di Bagian Produksi Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. Sebagai media komunikasi, WhatsApp mampu membuat pola komunikasi struktural yang cenderung rumit, bertingkat dan memerlukan waktu lama, menjadi lebih singkat, dan efisien. Pengumpulan data menjadi lebih mudah, karena WhatsApp bisa mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar, video, audio, berkas-berkas kantor atau yang lainnya. Komunikasi dan koordinasi menjadi lebih baik, melalui arahan dari grup-grup yang dapat dibaca oleh semua anggota organisasi. Penggunaan WhatsApp tak sepenuhnya menghilangkan kegiatan administatif yang sebelumnya dilakukan manual pada media kertas. Tapi mengurangi intensitasnya. Faktor penghambatnya kendala jaringan atau ketersediaan paket data internet pada masing-masing ponsel pegawai, meski sangat jarang terjadi tapi ini dapat menganggu aktivitas koordinasi dan komunikasi melalui WhatsApp.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Santi Rande, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

25 total views, 1 views today