Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) (Studi Komparasi di Desa Mendik dan Desa Bente Tualan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser) (Adie Rachmad Hidayat)

April 7, 2021
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hidayat, Adie Rachmad
On: Apr 7, 2021 @ 11:00 PM
IP: 125.160.67.154

  • 1. Title [Judul]: Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) (Studi Komparasi di Desa Mendik dan Desa Bente Tualan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adie Rachmad Hidayat
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini di lakukan dalam rangka untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) (Studi Komparasi di Desa Mendik dan Bente Tualan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser). Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data pada penelitian ini bersumber dari kantor Desa Mendik dan Kantor Desa Bente Tualan Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser dengan teknik purposive sampling dan jumlah key informan dan informan adalah 5. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penelitian langsung dilapangan. Teknik analisis data model interaktif.
    Temuan dari penelitian ini adalah bahwa di Desa Mendik aparatur pemerintahan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan-pelatihan atau bimtek dari pemeritahan daerah untuk memfungsikan cara penggunaan aplikasi siskeudes. Sedangkan di Desa Bente Tualan untuk aparatur desanya kurang antusias dan sedikitnya pengetahuan mengenai penerapan aplikasi siskeudes dari kurangnya pelatihan atau bimtek yang di berikan pemerintah daerah kepada desa Bente Tualan. Penyelenggaraan pemerintah desa tidak akan terlepas dari faktor keuangan sebagai pendukung pembiayaan, aplikasi sistem keuangan desa ini dikembangkan untuk pengelolaan dana desa agar dapat mempermudah pelaporan keuangan menjadi lebih transparan serta akuntabel. Hasil penelitian ini meunjukan bahwa Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa dari segi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sudah berjalan dengan cukup baik. Untuk aplikasi masih ditemukan kelemahan yang mudah error atau terkena virus. Dan hasil dari pendapatan yang dilihat dari info grafik P-APBDesa dari desa Mendik sebesar Rp.2.052.141.880,75 sedang untuk desa Bente Tualan dilihat dari APBDesa Perubahannya sebesar Rp.1.789.234.845,05
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M,Si dan Drs. Endang Erawan, M,Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 7 April 2021
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

28 total views, 1 views today