STUDI TENTANG PROSES PEMBUATAN PERATURAN KAMPUNG LINGGANG MELAPEH TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN HUTAN GUNUNG ENO, KECAMATAN LINGGANG BIGUNG, KABUPATEN KUTAI BARAT. (Mario Riyadi)

March 27, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 27, 2014 @ 10:42 PM
IP: 206.190.155.65

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PROSES PEMBUATAN PERATURAN KAMPUNG LINGGANG MELAPEH TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN HUTAN GUNUNG ENO, KECAMATAN LINGGANG BIGUNG, KABUPATEN KUTAI BARAT.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mario Riyadi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: : Proses, dan implikasi pembuatan peraturan kampung Linggang Melapeh.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berangkat dari diterbitkanya Undang-undang No. 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Mengarah kepada proses pembuatan peraturan kampung penelitian ini berpedoman dengan PERMENDAGRI Nomor 29 tahun 2006 tentang Pedoman Pembentukan dan Mekanisme Pennyusunan Peraturan Kampung yang kemudian diaplikasikan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Peraturan Daerah No. 16 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pembentukan dan Penetapan Peraturan Kampung. Penelitian ini dilaksanakan di kampung Linggang Melapeh yaitu melihat bagaimana proses pembuatan peraturan kampung dan bagaimana implikasi dari pembuatan peraturan kampung. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Narasumber ditentukan melalui teknik Purposive Sampling atau sampel dengan key informan adalah Humas yayasan WWF Kutai Barat, sementara untuk informan tamabahan adalah petinggi kampung saat pembuatan peraturan kampung, tim kerja yang menyusun peraturan tersebut yang setelah peraturan terbentuk menjadi badan pengelola sumber daya alam lingkungan hidup kampung serta masyarakat yang mendapat implikasi dari pembuatan peraturan kampung dan Badan/SKPD terkait. Kemudian data yang diperoleh dilapangan diolah menggunakan teknik analisis data model interaktif guna menghasilkan kesimpulan yang mendalam. Adapun temuan pada hasil penelitian adalah, proses pembuatan peraturan kampung Linggang Melapeh tentang Perlindungan dan Pengelolaan Hutan Gunung Eno sudah berjalan dengan baik namun tim kerja masih perlu belajar lagi mengenai penulisan peraturan kampung tersebut agar sesuai dengan penulisan perundang-undangan, dan implikasi pembuatan peraturan kampung masih belum maksimal karena masing-masing pihak belum maksimal dalam menjalankan perannya, dan seharusnya untuk memperkuat peraturan ini perlu ada PERDA yang mendukung tentang perlindungan dan pengelolaan hutan Gunung Eno.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si, Dr. H. Syahrani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27 Maret 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email