Perilaku Khalayak Menonton Program Komedi Yuk Keep Smile Di TRANSTV (Studi Deskritif di Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda) (DEWI ANJARWATI)

August 25, 2014
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2014 @ 2:52 PM
IP: 36.82.221.192

  • 1. Title [Judul]: Perilaku Khalayak Menonton Program Komedi Yuk Keep Smile Di TRANSTV (Studi Deskritif di Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: DEWI ANJARWATI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perilaku Menonton, Khalayak, Program Komedi YKS.
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini menggunakan teori Uses and Gratifications. Inti dari teori ini adalah bahwa khalayak dianggap aktif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutuhanya, yang artinya dimana khalayak memiliki kebutuhan atau dorongan tertentu dalam penggunaan media dengan mengharapkan untuk mendapatkan kepuasan dari media tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa khalayak memiliki kebutuhan–kebutuhan akan hiburan yang dapat dipenuhi dengan menonton program komedi YKS sehingga menimbulkan kepuasan dalam diri khalayak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah perilaku menonton yaitu frekuensi menonton, durasi menonton dan motivasi menonton serta faktor-faktor pembentuk perilaku menonton yaitu faktor personal dan faktor situasional. Penelitian ini menggunakan tekhnik penelitian Purposive Sampling yaitu bertanya kepada informa yang dianggap paling tahu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Library Research yaitu data yang dikumpulakan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (Field Work Research) melalui wawancara dengan informan, observasi langsung dilapangan serta dokumantasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku khalayak menonton program komedi YKS, tidak terpengaruh oleh pro-kontra di masyarakat yang menyebutkan bahwa tayangan YKS tidak mendidik. Sebaliknya khalayak tertarik menonton program komedi tersebut karena sajian acaranya yang unik dan menghibur. Sehingga menjadikan khalayak tetap setia menonton program komedi YKS meskipun banyaknya program-program acara komedi yang sama di stasiun televisi lainnya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Massad Hatuwe, M.Si & Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 AGUSTUS 2014
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ARTIKEL

Loading

Print Friendly, PDF & Email