STUDI TENTANG EFEKTIVITAS PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BERAU (Muhammad Nazaruddin)

March 3, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 3, 2015 @ 7:42 PM
IP: 36.82.212.184

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG EFEKTIVITAS PEMBUATAN AKTE KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Nazaruddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas Pembuatan Akte Kelahiran
  • 4. Description [Abstrak] : Efektivitas Pembuatan Akte Kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Berau di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Bapak Drs. H.M. Gunthar Riady, M.Si.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembuatan Akte Kelahiran beserta faktor-faktor penghambat dalam proses pembuatan Akte Kelahirn di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Berau.
    Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis untuk mendapatkan data penunjang adalah dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka, dengan menggunakan data prima dan data skunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman (1992 : 20), yaitu menjelaskan bahwa analisis data model interactive model of analysis melalui data skunder, kualitatif merupakan proses siklus dan interaksi yang bergerak antara empat sumber yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
    Dari hasil penelitian Efektivitas Pembuatan Akte Kelahiran merupakan rangkaian prosedur yang diberikan oleh petugas pelaksana dalam rangka pembuatan Akte Kelahiran sebagai bukti penetapan yang di dapatkan sejak kelahiran anak. Dalam pembuatan Akte Kelahiran, pemohon tidak di kenakan biaya dengan memakan waktu satu minggu hari kerja. Tetapi kenyataan yang didapat tidak sesuai dengan peosedur yang telah ditetapkan sebelumnya yang bervariasi dan memakan waktu yang cukup lama. Proses pembuatan Akte Kelahiran terdapat beberapa faktor penghambat yang dapat mempengaruhi proses pembuatan Akte Kelahiran antaralain masalah pralatan yang sangat minim, kurangnya sumberdaya manusia, dan kurangnya partisipasi dari masyarakat yang ingin membuat Akte Kelahiran tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si & Drs. H.M. Gunthar Riyadi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03 Maret 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email