Studi Tentang Lembaga Adat Dalam Penyelesaian Konflik Tanah Di Kampung Ongko Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat (Frengki Gunawan)

March 14, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 14, 2015 @ 11:11 PM
IP: 202.67.38.17

  • 1. Title [Judul]: Studi Tentang Lembaga Adat Dalam Penyelesaian Konflik Tanah Di Kampung Ongko Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Frengki Gunawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Konflik, Kampung, Pertanahan, Lembaga Adat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berjudul Studi Tentang Lembaga Adat Dalam Penyelesaian Konflik Tanah Di Kampung Ongko Asa Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat atau menggali harapan masyarakat terhadap Lembaga Adat dalam menyelesaiakan konflik mengenai pertanahan, mendeskripsikan penyelesaian konflik pertanahan yang dilakukan oleh Lembaga Adat dan untuk melihat kesesuaian atau ketidak sesuaian antara harapan masyarakat terhadap upaya penyelesaian konflik yang dilakukan oleh Lembaga Adat Kampung Ongko Asa.
    Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Adat Kampung Ongko Asa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan key informan adalah Lembaga Adat dan sekretaris Lembaga Adat Kampung Ongko Asa dan informan adalah Kepala Kampung Ongko Asa, staf lembaga adat Kampung ongko Asa, ketua RT Kampung Ongko Asa dan masyarakat Kampung Ongko Asa, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif model interaktif.
    Peneliti menggunakan pendekatan ini untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang Lembaga Adat Kampung Ongko Asa dalam menyelesaikan konflik pertanahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa timbulnya sengketa pertanahan di Kampung Ongko Asa bermula dari pengaduan pihak yang berisikan keberatan-keberatan dan tuntutan hak atas tanah baik terhadap status tanah maupun status kepemilikannya. Ada beberapa penyebab terjadinya konflik tanah di Kampung Ongko Asa yaitu batas tanah yang tidak jelas, tidak adanya bukti resmi kepemilikan tanah dan secara ekonomis meningkatnya harga tanah. Upaya penyelesaian yang dilakukan oleh lembaga adat sudah sesuai dengan harapan mayarakat, kemudian penyelesaian konflik yang dilakukan menggunakan upaya negosiasi, mediasi dan fasilitasi yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan dari konflik yang terjadi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si, Drs. Martinus Nanang, M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: open document

Loading

Print Friendly, PDF & Email