Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013 (Raesah)

June 5, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: , raesah
On: Jun 5, 2015 @ 4:03 PM
IP: 110.139.150.204

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Raesah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: VAIC™ (VACA, VAHU, STVA), ROA.
  • 4. Description [Abstrak] : RAESAH, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, 2015. Pangaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2013. Dibawah bimbingan Bapak Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd., Ak., CA selaku Pembimbing I dan Bapak Eko Adi Widyanto, S.E., M.SA selaku Pembimbing II.

    Tujuan yang ingin dicapai oleh dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui pengaruh modal intelektual (VACA) terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return On Assets (ROA), (2) Mengetahui pengaruh modal intelektual (VAHU) terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return On Assets (ROA), (3) Mengetahui pengaruh modal intelektual (STVA) terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return On Assets (ROA).
        Metode penelitian merupakan pengujian hipotesis (hypothesis testing study) dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 perusahaan selama periode pengamatan 5 tahun. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik kepustakaan. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji T secara parsial, uji F simultan dan uji koefisien determinasi.
       Hasil penelitian menunjukkan variabel VACA tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Return On Asset (ROA). Hal ini didukung oleh hasil uji t dengan tingkat signifikansi 0,060 (tidak signifikan>0,05). Variabel VAHU berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Return On Asset (ROA). Hal ini didukung oleh hasil uji t dengan tingkat signifikansi 0,00 (signifikan

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Bapak Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd., Ak., CA dan Bapak Eko Adi Widyanto, S.E., M.SA .
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 5 Juni 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email