HUBUNGAN ANTARA IKLAN BAHAYA KANKER SERVIKS DI TELEVISI DENGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT KELURAHAN LOA BAKUNG KOTA SAMARINDA (Hery Setiawan)

August 8, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: setiawan, hery
On: Aug 8, 2015 @ 9:38 AM
IP: 114.125.191.161

  • 1. Title [Judul]: HUBUNGAN ANTARA IKLAN BAHAYA KANKER SERVIKS DI TELEVISI DENGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT KELURAHAN LOA BAKUNG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hery Setiawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kanker Serviks, Media Iklan, Pengetahuan
  • 4. Description [Abstrak] : Hery Setiawan, NIM. 0802055304. Hubungan Antara Iklan Bahaya Kanker Serviks di Televisi dengan Pengetahuan Masyarakat Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda yang dibimbing oleh Bapak Drs.Sugandi, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs.H.Hamdan, M.Si selaku dosen pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklan tentang bahaya kanker serviks di televisi dengan pengetahuan masyarakat khususnya pada warga Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.
    Penelitian ini menggunakan jenis analisis deskriptif. Ada tidaknya hubungan tersebut dihitung berdasarkan koefisiensi korelasi. Sedangkan metode dalam penelitian ini adalah menggunakan populasi masyarakat yang berjenis kelamin perempuan dan berusia dari 19-40 tahun dan didapat sampel sebesar 93 responden dengan tingkat kekeliruan 10%. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Probability Sampling dengan tipe sampel acak sederhana. Dalam menganalisis data yang telah dikumpulkan guna menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni untuk mengetahui apakah ada atau tidak ada hubungan iklan tentang bahaya kanker serviks di televisi sebagai variabel X dan pengetahuan masyarakat variabel Y, maka peneliti menggunakan analisis non parametrik dengan menggunakan rumus “Koefisien Korelasi Rank Spearman (rs)”.
    Hasil penelitian yang penulis lakukan di lapangan, didapat nilai rs hitung sebesar 0,452, nilai rs hitung sebesar 0,452 menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil sebesar 4,8. Ini menunjukan bahwa harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel pada tingkat signifikansi 0,1 serta db= N – 2 (93 – 2 = 91), yaitu 4,8 > 1,66177. Hal ini menunjukan bahwa adanya hubungan antara iklan tentang bahaya kanker serviks di televisi dengan pengetahuan masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs.Sugandi, M.Si , Drs.H.Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 Agustus 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: E Journal Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email