Perencanaan Komunikasi, Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, Sosialisasi, Pemilu (Fachri)

August 24, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 24, 2015 @ 1:44 PM
IP: 125.160.69.189

  • 1. Title [Judul]: Perencanaan Komunikasi, Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, Sosialisasi, Pemilu
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fachri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Perencanaan Komunikasi, KPU Kota Samarinda, Sosialisasi.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berisikan tentang “Perencanaan Komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam Mensosialisasikan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kalimantan Timur 2013 di Kota Samarinda”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti dengan berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang berupa hasil wawancara, gambar dan dokumen. Dari data tersebut diambil kesimpulan yang bersifat khusus terkait perencanaan komunikasi yang dilakukan KPU Kota Samarinda. Subjek penelitian adalah Komisioner dan sekretaris KPU Kota Samarinda.
    Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa KPU Kota Samarinda dalam melakukan sosialisasi tahapan dan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kalimantan Timur 2013 tidak melakukan perencanaan komunikasi dengan baik, sehingga tidak fokus dan konsisten terhadap pekerjaan yang dilaksanakan. Hal tersebut mengakibatkan kegagalan dalam mencapai tujuan sosialisasi, seperti masih banyaknya masyarakat yang tidak paham terkait teknis pemungutan sehingga 16.247 surat suara dinyatakan tidak sah, tingkat partisipasi pemilih yang mengalami kemunduran 12,93% dari penyelenggaraan Pemilukada sebelumnya (2008) tercatat 246.296 atau 43,54% masyarakat pemilih di kota Samarinda tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada Kaltim 2013.
    Secara umum sasaran sosialisasi KPU Kota Samarinda yaitu masyarakat umum (publik) yang telah memiliki hak pilih di Kota Samarinda, remaja pemuda dan mahasiswa (pemilih pemula), perempuan, pengemuka pendapat, petani, buruh dan kelompok pekerja lainnya, wartawan dan kelompok media lainnya, TNI/POLRI, partai politik, pengawas pemilu, LSM dan pemilih dengan kebutuhan khusus (penyandang cacat, masyarakat terpencil, penghuni lembaga pemasyarakatan, pedagang kaki lima dan kelompok terpinggirkan). Dengan isi pesan yang dimuat dalam sosialisasi adalah menekankan pada penyadaran hak dan kewajiban warga Negara dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Penyadaran masyarakat terkait pentingya Pemilu.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Saipul B, M.Si & Nurliah, S,Sos, M.Ikom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Agustus 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email