REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM COVER BUKU SEX ‘N THE CITY JAKARTA UNDERCOVER (HENNY ENDAH LESTARI)

September 11, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Sep 11, 2015 @ 11:07 AM
IP: 180.248.66.224

  • 1. Title [Judul]: REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM COVER BUKU SEX ‘N THE CITY JAKARTA UNDERCOVER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: HENNY ENDAH LESTARI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Representasi Perempuan, Cover Buku Sex ‘n The City Jakarta Undercover.
  • 4. Description [Abstrak] : Henny Endah Lestari, NIM 1002055184. Representasi Perempuan Dalam Cover Buku Sex ‘n The City Jakarta Undercover. Skripsi ini dibawah Bimbingan Ibu Dra. Purwaningsih, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Syahrul Shahrial, S.Sos.,M.Si selaku pembimbing II, Jurusan Ilmu Komunikasi, Program Studi Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Penggunaan model perempuan di berbagai macam cover buku atau majalah semakin marak beredar di Indonesia sejak dulu. Berbagai macam pose serta atribut yang dikenakan mengandung makna yang tersirat baik secara denotasi maupun konotasi.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna denotasi dan konotasi perempuan yang ada di dalam cover depan buku Sex ‘n The City Jakarta Undercover. Jenis peneltian ini merupakan jenis penelitian kualitatif interpretatif dengan menggunakan analisis Semiotika Model Roland Barthes.
    Hasil dari penelitan ini adalah ditemukannya makna denotasi dan konotasi yang terdapat pada pose model, pakaian dan aksesoris, teknik fotografi dan setting foto. Makna yang tersirat dari keseluruhan penelitian ini adalah menggambarkan seorang perempuan yang sedang berpose dngan menunjukkan eksostisme tubuhnya dengan dibalut pakaian yang seksi dan menunjukkan bentuk realita ‘perempuan malam’ yang ada di kota Jakarta.
    Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah representasi perempuan dalam cover buku Sex ‘n The City Jakarta Undercover merupakan perempuan masa kini yang sudah terpengaruh oleh meningkatnya teknologi dan budaya dari luar dalam hal berprilaku, pakaian, pekerjaan dan sebagainya. Perempuan dama cover tersebut merupakan ’perempuan malam’ yang dipenuhi dengan kegiatan party dan sex sebagaimana kegiatan ini telah marak di kota-kota besar terutama kota Jakarta.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra. Purwaningsih, M.Si & Syahrul Shahrial, S.Sos.M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11 September 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email