STUDI TENTANG POLITIK UANG (MONEY POLITICS) DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI KASUS DI KELURAHAN SEMPAJA SELATAN) (DEDI IRAWAN)

November 10, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 10, 2015 @ 9:27 AM
IP: 125.160.66.0

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG POLITIK UANG (MONEY POLITICS) DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI KASUS DI KELURAHAN SEMPAJA SELATAN)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: DEDI IRAWAN
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: politik uang, money politics, pemilu legislatif 2014, Kelurahan Sempaja Selatan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktek politik uang (money politics) dalam pemilu legislatif tahun 2014 di Kelurahan Sempaja Selatan. Praktek politik uang (money politics) sering terjadi disetiap pemilu di Indonesia sehinnga dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa memberikan infomasi kepada masyarakat tentang praktek politik uang (money politics) pada pemilu legislatif.
    Penelitian ini menggunakan teknik Pengumpulan data melalui library research dan field research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan untuk menentukan sumber data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling disesuaikan dengan tujuan penelitian serta teknik accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu analisis data dan model interaktif, yaitu analisis data model interaktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa politik uang (money politics)dalam pemilu legislatif tahun 2014 banyak terjadi pelanggaran, peneliti meneliti tentang Studi politik uang (money politics) dalam pemilu legislatif yang merujuk pada bentuk-bentuk politik uang (money politics) yang beragam. Politik uang (money politics)berbentuk uang dan berbentuk fasilitas umum. Dari bentuk-bentuk politik uang (money politics) juga membahas strategi/pola yang digunakan dalam praktek politik uang (money politics), strategi/pola yang digunakan ialah serangan fajar dan mobilisasi massa, strategi ini yang banyak digunakan untuk mempengaruhi pemilih dalam pemilu legislatif tahun 2014 di Kelurahan Sempaja Selatan. Pelanggaran-pelanggaran pada pemilu legislatif merupakan bagian dari tugas penyelenggara untuk mencegah dan memproses jika terdapat pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarakat maupun pihak yang telah dirugikan dalam hal ini penelitian juga mengenai respon/sikap penyelenggara dan sikap masyarakat dalam menanggapi politik uang (money politics) yang terjadi pada pemilu legislatif tahun 2014 di Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Phil. I Ketut Gunawan, M.A & Lutfi Wahyudi, S.Sos, M,Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 10 November 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email