KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KAMPUNG BAQA KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA (Helaria Hubung)

November 11, 2015
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 11, 2015 @ 9:27 AM
IP: 202.67.39.20

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KAMPUNG BAQA KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Helaria Hubung
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Puskesmas
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kampung Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kampung Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda.
    Metode penelitian ini yaitu pada jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu kualitas pelayanan kesehatan dengan indikator berwujud (Tangibles), kehandalan (Reliability), daya Tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance) dan empati (Empathy) serta faktor penghambat dan pendukung kualitas pelayanan kesehatan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif model interaktif menurut Matthew B Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana.
    Kesimpulan penelitian ini, bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kampung Baqa, dilihat dari wujud (Tangibles) sudah siap menunjang pemberian pelayanan kesehatan secara baik. Dari aspek kehandalan (Reliability) pemberian pengobatan sudah tepat dan benar, dari aspek daya tanggap (Responsiveness) pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan SOP. Dari aspek jaminan (Assurance) pengetahuan petugas dalam pengobatan sudah baik dan dari aspek empati (Empathy) tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan masih memiliki empati yang kurang baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos., M.Si & Santi Rande, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11 Novembe 2015
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email