Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda (Richard Christian)

May 20, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Christian, Richard
On: May 20, 2016 @ 8:59 PM
IP: 36.85.155.85

  • 1. Title [Judul]: Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Richard Christian
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Good Governance, Pelayanan Publik, Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Richard Christian, Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP selaku pembimbing II.
    Latar belakang penulisan skripsi ini adalah mengenai Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda, tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Pencari Kerja di Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda diantaranya mengenai penerapan prinsip partisipasi, akuntabilitas, transparansi dan efektifitas dan efisiensi, serta untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaannya.
    Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan teknik accidental sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, yang meliputi observasi, penelitian dokumen, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer merupakan sumber data yang diperoleh melalui informan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dipandu dengan pertanyaan sesuai dengan fokus penelitian, sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti catatan yang telah tersusun dalam arsip atau buku pedoman.
    Fakta yang didapatkan di lapangan melalui penelitian yang dilakukan oleh penulis bahwa dalam penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas masih belum terlaksana dengan baik, dilihat dari kurangnya kesadaran dari pencari kerja dan perusahaan penyedia kerja untuk menyalurkan aspirasinya, dan kurang disiplinnya pegawai terhadap jam kerja serta dalam penyusunan laporan hasil kerja. Namun dari penerapan prinsip transparansi, dan efektifitas dan efisiensi telah berjalan dengan baik, terlihat dari keterbukaan informasi yang diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda mengenai pelayanan pencari kerja yang dapat diperoleh dengan mudah, akurat, dan memadai oleh publik melalui papan pengumuman atau papan iklan dan website, serta penyelesaian produk pelayanan yang cepat dan memuaskan bagi para pengguna layanan pencari kerja. Maka berdasarkan temuan yang didapati dilapangan tersebut penulis menilai masih diperlukannya perbaikan terhadap penerapan prinsip-prinsip dari good governance terkhususnya untuk pelayanan pencari kerja.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si., Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email