FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi Kasus di Desa Pelita Kanaan Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau) (Jossy Putra Arie Wiranda )

July 21, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 21, 2016 @ 11:26 AM
IP: 36.82.224.95

  • 1. Title [Judul]: FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi Kasus di Desa Pelita Kanaan Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jossy Putra Arie Wiranda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Fungsi BPD, Penyelenggaraan Pemerintahan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang fungsi Badan Permusyawaratan Desa dalam penyelenggaraan pemerintah desa dalam penulisan ini dibimbing oleh bapak Drs. Endang Erawan M.Si pembimbing I dan bapak Budiman S.Ip, M.Si selaku pembimbing II terutama dalam hal membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan pengawasan kinerja kepala desa serta mengidentifikasikan faktor penghambat Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus di Desa Pelita Kanaan Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau).
    Penelitiaan ini dilaksanakan di Desa Pelita Kanaan Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitiaan lapangan berupa observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Narasumber dari penelitiaan ini adalah Ketua BPD, Kepala Desa, Sekretaris Desa, LPMD, Tokoh masyarakat dan Ketua RT di Desa Pelita Kanaan Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau.
    Hasil penelitian meunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan BPD sudah menjalankan fungsinya, namun dalam pelaksanaan fungsinya masih ditemui beberapa hambatan, yaitu : jarak rumah pegawai dengan kantor BPD yang jauh, sarana dan prasarana transportasi yang masih kurang memadai, sehingga pembiayaan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa menjadi lebih besar.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan M.Si & Budiman S.Ip, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21 Juli 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email