PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) SEBAGAI OPINION LEADER DALAM MENINGKATKAN HASIL TANI KELOMPOK TANI DI GIRI REJO KELURAHAN LEMPAKE SAMARINDA (Merry Rahmanita )

July 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 25, 2016 @ 11:50 AM
IP: 36.82.228.163

  • 1. Title [Judul]: PERAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) SEBAGAI OPINION LEADER DALAM MENINGKATKAN HASIL TANI KELOMPOK TANI DI GIRI REJO KELURAHAN LEMPAKE SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Merry Rahmanita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Komunikator, Penyuluh Pertanian Lapangan, Opinion, L
  • 4. Description [Abstrak] : Merry Rahmanita, 1202055023, Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Sebagai Opinion Leader Dalam Meningkatkan Hasil Tani Kelompok Tani Di Giri Rejo Kelurahan Lempake Samarinda, dibawah bimbingan Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si selaku pembimbing I, Hikmah, S.Sos, MA selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Sebagai Opinion Leader Dalam Meningkatkan Hasil Tani Kelompok di Giri Rejo Kelurahan Lempake Samarinda” Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan melalui observasi dan wawancara menggunakan data primer yaitu sumber data Key informant Penyuluh Pertanian Lapangan dan Informant Ketua Kelompok Tani di Giri Rejo, data sekunder melalui sumber data dokumen Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Suluh Manuntung Lempake. Kemudian teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai Opinion Leader di Giri Rejo ini berperan dalam meningkatkan hasil tani kelompok tani, dibuktikan dengan Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai opinion leader yang sudah berperan sebagai pendidik, pemimpin, serta sebagai penasihat.
    Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa penyuluh pertanian lapangan sebagai opinion leader sudah turut serta memberikan pengetahuan dalam mendidik, membimbing dan memotivasi dalam memimpin, serta melayani dan memberikan petunjuk sebagai penasihat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si dan Hikmah, S.Sos, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 Juli 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email