PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN PADA PEGAWAI YANG AKAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DI PEMERINTAHAN KABUPATEN KUTAI TIMUR (YUSFINA)

August 19, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 19, 2016 @ 4:33 PM
IP: 125.160.65.57

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN PADA PEGAWAI YANG AKAN MENGHADAPI MASA PENSIUN DI PEMERINTAHAN KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: YUSFINA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: penerimaan diri, kecerdasan emosi, kecemasan
  • 4. Description [Abstrak] : Pegawai yang akan menghadapi masa pensiun di pemerintahan kabupaten kutai timur tentunya memiliki kecemasan yang tinggi sehingga berdampak pada penerimaan diri dan kecerdasan emosi individu yang akan pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara penerimaan diri dan kecerdasan emosi dengan kecemasan pada pegawai yang akan menghadapi masa pensiun. Sampel penelitian ini adalah pegawai yang akan menghadapi masa pensiun di kabupaten kutai timur sebanyak 91 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Data penelitian ini di kumpulkan dengan skala penerimaan diri, skala kecerdasan emosi, dan skala kecemasan dengan model skala likert. Data yang dikumpul di analisis dengan uji regresi dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 20.0 for windows.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif antara penerimaan diri dan kecerdasan emosi dengan kecemasan pada pegawai yang akan menghadapi masa pensiun di Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur dengan nilai F hitung 14.167 > F tabel 3,25, nilai R sebesar 0,494, nilai Adjusted R2 sebesar 0.226 dan p 0.000. Kemudian dari hasil analisis regresi bertahap didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh negatif yangcukup antara penerimaan diri terhadap kecemasan t hitung = -3,693, nilai t tabel = 1,987, nilai Beta = -0,343, dan p = 0,000. Kemudian pada kecerdasan emosi terhadap kecemasan memiliki pengaruh negatif yang cukup t hitung = -3.949, nilai t tabel = 1,987, nilai Beta = -0.366, dan p = 0,000.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Psikologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Ali Adriansyah, S.Psi., M.Si dan Lisda Sofia, S.Psi., M.Psi., Psikolog
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email