KAJIAN TENTANG ETNIS PENDATANG DI KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER ( Dhedi Hendriawan)

August 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2016 @ 5:11 PM
IP: 36.85.156.71

  • 1. Title [Judul]: KAJIAN TENTANG ETNIS PENDATANG DI KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dhedi Hendriawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kebudayaan Etnis, Interaksi Sosial, Perbandingan antar Etnis
  • 4. Description [Abstrak] : Kebudayaan Dayak Paser adalah kebudayaan yang berkembang di daerah Kabupaten Paser dengan bahasa ibu yang digunakan adalah paser. Seseorang akan dikatakan sebagai orang Paser bila sudah menggunakan bahasa Paser walaupun tempat tinggalnya di luar wilayah Paser. Namun, tidak semua masyarakat yang tinggal di Paser bisa berbahasa Paser. Penyesuaian antar etnis yang sama merupakan suatu kebiasaan yang sering di jumpai di masyarakat pada umumnya, tetapi penyesuaian etnis yang berbeda dari masyarakat aslinya merupakan suatu kebiasaan baru yang terjadi di masa sekarang. Tetapi tidak semua penyesuaian adaptasi etnis yang berbeda dapat berjalan dengan baik, karena perbedaan etnis yang terjadi menimbulkan hambatan dalam proses akulturasi budaya. Hal ini sangat lumrah terjadi di setiap daerah Khususnya di Desa Olung, Kec. Long Ikis, Kab. Paser.
    Secara umum penelitian bertujuan untuk mendeteksi kesadaran akan identitas etnis pada penduduk asli dari etnis Paser. Fokus pada etnis paser ini di tetapkan karena komunitas tersebut merupakan komunitas terdampak, yang dipengaruhi oleh kehadiran etnis-etnis lain ke daerah itu. Kesadaran akan identitas ini dapat disebut kesadaran relasional karena dilihat dalam hubungannya subyek dengan orang dari kelompok etnis yang sama dan berbeda di dalam kebiasaan yang mulai tertanam di Desa Olung, Kec. Long Ikis, Kab. Paser.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu metode penelitian yang bersifat kualitatif dan mengarah kepada penelitian kuantitatif, yang menggambarkan tentang bagaimana interaksi Sosial, dan perbandingan antar etnis satu sama lain sehingga dapat menanamkan tanggung jawab antar suku, dan bagaimana cara agar tetap menjaga kebiasaan, dan adat istiadat antar suku di Desa Olung secara langsung. Untuk kuantitatif menggunakan rumus slovin dengan metode sampling non random quota dengan model sikap Multiatribut. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder dengan mewawancarai informan pilihan, dan membagikan kuesioner ke 290 responden yang di bagi ke dalam 9 (Sembilan) Suku.
    Etnis Paser adalah etnis yang berasal dari keturunan asli Kalimantan dan menetap di daerah tenggara Kalimantan Timur. Etnis Paser adalah etnis yang memiliki beragam kebudayaan yang terus dipegang teguh dan terus menjadi patokan kehidupan sehari-hari. Terjadinya etnis transmigrasi yang mengakibatkan dampak yang berpengaruh terhadap kehidupan etnis asli yang bermukim dikawasan tersebut.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Pogram Studi/Konsentrasi Sosiologi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Martinus Nanang, MA ; Dra. Lisbet Situmorang, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email