PERAN DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN, DAN PARIWISATA KOTA MENGENAI CITY BRANDING DALAM MENARIK WISATAWAN DI KOTA BALIKPAPAN (Hidayana)

August 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 25, 2016 @ 5:27 PM
IP: 180.248.83.172

  • 1. Title [Judul]: PERAN DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN, DAN PARIWISATA KOTA MENGENAI CITY BRANDING DALAM MENARIK WISATAWAN DI KOTA BALIKPAPAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hidayana
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata, City Branding, Kota Balipap
  • 4. Description [Abstrak] : Hidayana, NIM. 1202055036, Peran Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Dan Pariwisata Kota Mengenai City Branding Dalam Menarik Wisatawan Di Kota Balikpapan dibawah bimbingan Dr. Anthonius Margono, M. Si selaku Dosen Pembimbing I, dan Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., M.M selaku Dosen Pembimbing II, Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran dinas pemuda, olahraga, kebudayaan, dan pariwisata Kota Mengenai City Branding dalam menarik wisatawan. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui peran apa saja yang dilakukan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Dan Pariwisata mengenai city branding dalam menarik wisatawan di Kota Balikpapan. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Yaitu penelitian yang berusaha untuk menggambarkan atau mendeskripsikan obyek yang diteliti berdasarkan fakta dilapangan dengan menggunakan informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman.
    Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, Dan Pariwisata telah melakukan perannya yaitu melakukan koordinasi pengembangan obyek dan daya tarik wisata dengan instansi terkait diberbagai bidang wisata antara lain wisata belanja, wisata olahraga, wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah dan cagar budaya, dan pengembangan wisata yang mendukung terwujudnya kota MICE. Melakukan koordinasi dalam perbaikan sarana dan prasarana dengan instansi terkait, serta menyusun dan melaksanakan strategi promosi dan pemasaran pariwisata melalui promosi dan pemasaran pariwisata kota Balikpapan baik melalui keiikutsertaan dalam event yang diadakan lokal, dalam negeri, bahkan luar negeri, memanfaatkan SDM juga menjadi strategi promosi yaitu para generasi muda melalui pemilihan duta wisata untuk turut melakukan promosi dan pemasaran pariwisata kota Balikpapan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anthonius Margono, M. Si dan Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email