STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBERIKAN EDUKASI KELUARGA BERENCANA UNTUK MEMILIH ALAT KONTRASEPSI WANITA DI RUMAH SAKIT BERSALIN AISYIAH KOTA SAMARINDA (Layl Julia Ningsih)

August 26, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 26, 2016 @ 10:21 AM
IP: 180.248.248.104

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBERIKAN EDUKASI KELUARGA BERENCANA UNTUK MEMILIH ALAT KONTRASEPSI WANITA DI RUMAH SAKIT BERSALIN AISYIAH KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Layl Julia Ningsih
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Keluarga Berencana, Alat Kontrasepsi Wanita.
  • 4. Description [Abstrak] : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk meneliti strategi komunikasi Rumah Sakit Aisyiyah dalam memberikan edukasi keluarga berencana untuk memilih alat kontrasepsi wanita. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan penelitian lapangan (field research) dengan melakukan kegiatan wawancara mendalam (In Depth interview). Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Bidan, Dokter Rumah Sakit Bersalin Aisyiyah dan pasangan usia subur yang dipilih secara acak.
    Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan seta menganalisis data yang telah diperoleh dan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk penjelasan sebenarnya.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Rumah Sakit Aisyiyah dalam sosialisasi program keluarga berencana dan edukasi pemilihan alat kontrasepsi wanita tidak lepas dari bantuan media massa, dan adanya hambatan yang dialami baik dari segi internal maupun eksternal.
    Sesuai dengan hasil observasi peneliti di lapangan, peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Aisyiyah dalam memberikan edukasi pemilihat alat kontrasepsi wanita kepada keluarga berencana sudah tepat. Adapun saran dari peneliti adalah agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan baik dari segi pemberi pelayanan atau petugas keluarga berencana dan penerima layanan atau masyarakat itu sendiri dan juga agar Rumah Sakit Aisyiyah dapat menggunakan media yang sifatnya massa seperti penggunaan layanan SMS atau Blackberry Messenger melalui kerjasama dengan provider telekomunikasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M. Si dan Hj. Hairunnisa, S.Sos, MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Agustus 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email