PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) DALAM PENGENDALIAN PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KELURAHAN SUNGAI DAMA KECAMATAN SAMARINDA ILIR (Annisa Nurmahdalena)

October 20, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 20, 2016 @ 11:54 AM
IP: 180.248.255.149

  • 1. Title [Judul]: PERAN PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) DALAM PENGENDALIAN PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KELURAHAN SUNGAI DAMA KECAMATAN SAMARINDA ILIR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Annisa Nurmahdalena
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Keluarga Berencana, Peran, Penyuluh Keluarga Berencana
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk mengetahui Peran Penyuluh Keluarga Berencana dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengendalian pertumbuhan penduduk di Kelurahan Sungai Dama Kecamatan Samarinda Ilir.
    Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer merupakan sumber data yang diperoleh melalui informan dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dipandu dengan pertanyaan sesuai dengan fokus penelitian, sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara seperti catatan yang telah tersusun dalam arsip atau buku pedoman. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif, yaitu menggambarkan tentang data dan fakta mengenai objek penelitian maka analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Aktivitas dalam analisis data yaitu: Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verifications.
    Hasil penelitian dari Peran Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk di Kelurahan Sungai Dama Kecamatan Samarinda Ilir adalah berjalan kurang baik karena masih terdapat banyak masyarakat yang kurang mengerti pentingnya KB dan kinerja dari PKB yang belum maksimal. Faktor penghambat Peran Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk di Kelurahan Sungai Dama Kecamatan Samarinda Ilir dalam masih kurangnya sosialiasi penyuluh KB kepada masyarakat, belum adanya kerjasama antara PKB dan pemerintah dalam anggaran dana untuk program KB.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra, Rosa Anggraeiny, M.Si Drs. M.Z. Arifin, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournalAN

Loading

Print Friendly, PDF & Email