EFEKTIVITAS PENERAPAN ABSENSI (FINGERPRINT) DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Asmira)

August 26, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Asmira
On: Aug 26, 2016 @ 10:13 AM
IP: 36.80.58.151

  • 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS PENERAPAN ABSENSI (FINGERPRINT) DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI KECAMATAN ANGGANA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Asmira
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Fingerprint, Disiplin Pegawai
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektipan penerapan absensi (fingerprint) dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai di kantor Kecamatan Anggana baik dari segi tingkat kehadiran, kemudahan dan kenyamanan dalam proses absensi, meningkatkan efisiensi waktu dalam pembuatan laporan, meningkatkan sistem paperless, memberikan informasi/laporan selengkapnya kepada pimpinan, serta penerapan absensi (fingerprint) dilakukan agar memudahkan atasan untuk melihat tingkat kedisiplinan kehadiran dari masing-masing pegawai. Selama ini pada absensi manual, atasan atau pegawai lain yang melihat absensi tidak bisa melihat tingkat kedisiplinan kehadiran pegawai, sehingga menyulitkan memberikan sanksi yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan absensi (fingerprint) belum dapat meningkatkan disiplin kerja pegawai, di lihat dari pencapaian target dimana data dari hasil absensi fingerprint dapat dimanipulasi sehingga data atau informasi yang dilaporkan ke Kabupaten belum akurat, banyak pegawai yang datang terlambat, tidak masuk kerja, dan datang untuk absensi kemudian pergi meninggalkan kantor kecamatan. Kemampuan adaptasi, pegawai sudah mengerti tata cara maupun peraturan, karena pegawai mengikuti pelatihan di Kabupaten mengenai tata cara penggunaan absensi (fingerprint). Kepuasan kerja pegawai belum memberikan kenyaman dan motivasi bagi pegawai untuk meningkatkan kerja, dilihat dari banyaknya masyarakat yang mempertanyakan kinerja pegawai yang buruk dan buruknya tingkat kedisiplinan para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan tanggung jawab banyak pegawai yang datang terlambat, pulang tidak tepat waktu, tidak masuk kerja, datang absen dan pergi meninggalkan kantor, serta tidak ada pengawasan langsung dari Kabupaten.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. M. Jamal Amin, M.Si / Budiman, S.I.P., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email