Analisis Strategi Komunikasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Dalam Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2011 Mengenai Pengelolaan Sampah Di Kota Samarinda (Elga Denanda)

November 15, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Denanda, Elga
On: Nov 15, 2016 @ 11:37 AM
IP: 110.139.153.148

  • 1. Title [Judul]: Analisis Strategi Komunikasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Dalam Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2011 Mengenai Pengelolaan Sampah Di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Elga Denanda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Sosialisasi, Perda Nomor 2 Tahun 2011, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Sama
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya tingkat kepedulian warga Kota Samarinda mengenai pengelolaan sampah walaupun sudah dilakukan sosialisasi peraturan daerah nomor 2 tahun 2011 Kota Samarinda oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda selama lima tahun. Ini menunjukkan ada permasalahan dalam strategi komunikasi yang digunakan dalam Sosialisasi Peratruan daerah tersebut.
    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda untuk melakukan sosialisasi Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2011 mengenai pengelolaan sampah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tempat penelitian Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda. Berfokus pada strategi komunikasi yang meliputi mengenal khalayak, pengelolaan pesan, metode penyampaian, media yang digunakan dan efek yang diharapkan. Penentuan key informan dan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara kepada satu key informan dan 3 informan dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan tekhnik analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana 2014.
    Hasil penelitian dari penelitian didapatkan data Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda tidak melakukan strategi megngenal khalayak sebelum sosialisasi yang menyulitkan penentuan pesan seperti apa yang diolah, bagaimana cara penyampaian pesannya, media apa yang efektif sehingga menghasilkan efek yang diharapkan dari sosialisasi perda nomor 2 tahun 2011 tidak tercapai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Inda Fitryarini, S.Sos, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 November 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email