STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN SUNGAI BOH KABUPATEN MALINAU (Coniyanti Kueng)

November 25, 2016
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 25, 2016 @ 3:50 PM
IP: 180.248.255.90

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN SUNGAI BOH KABUPATEN MALINAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Coniyanti Kueng
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: kualitas pelayanan, faktor penghambat, kemampuan para medis
  • 4. Description [Abstrak] : Untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan, dalam penelitian ini menggunakan dimensi karakteristik kualitas pelayanan yang meliputi lima indikator, yaitu : Reliability ( keandalan), Responsiveness (keresponsifan), Assurance (Jaminan), Empaty (perhatian), dan Tangibless (berwujud). Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research), Observasi, dan wawancara mendalam. Narasumber terdiri dari pihak petugas kesehatan (pemberi layanan) dan pihak masyarakat (pengguna layanan).
    Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan sungai boh mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Hal tersebut dikerenakan pelayanan yang cepat, tenaga kesehatan yang profesional dalam mendiagnosis penyakit, kejelasan informasi kesehatan, prosedur pelayanan yang tidak berbelit- belit serta mudah dipahami masyarakat, adanya perhatian petugas kesehatan pada masyarakat, petugas kesehatan yang sopan, rapi walaupun terdapat kelemahan pelayanan dalam sarana fasilitas yang kurang memadai, serta kurangnya tenaga kesehatan, sehingga pelayanan yang diberikan tidak maksimal. Temuan penting mengenai faktor penghambat pelayanan kesehatan yakni sarana fasilitas puskesmas yang cukup atau sederhana, kurangnya tenaga kesehatan, serta bangunan puskesmas yang belum memadai karena kondisi fasilitas ruangan yang sedikit sempit.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Prof. Dr.Hj. Nur Fitriyah, M.S 2. Drs. Baddrudin Nasir, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2016
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email