IMPLEMENTASI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA SEPASO KECAMATAN BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR (Muthia Dara )

February 27, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 27, 2017 @ 9:37 AM
IP: 180.246.136.51

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA SEPASO KECAMATAN BENGALON KABUPATEN KUTAI TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muthia Dara
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Kebijakan, Pemilihan Kepala Desa
  • 4. Description [Abstrak] : Implementasi Pemilihan Kepala Desa Di Desa Sepaso Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur di bawah bimbingan Bapak Dr. Djumadi M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj.Hariati, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II.
    Latar belakang penulisan skripsi ini adalah mengenai Implementasi Pemilihan Calon Kepala Desa, tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Implementasi Pemilihan Calon Kepala Desa Di Desa Sepaso Kecamatan Bengalon dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya.
    Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sumber data.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pemilihan Kepala Desa Di Desa Sepaso Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur belum berjalan secara optimal. Dimana untuk Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi sudah berjalan cukup maksimal sesuai Perda Kutai Timur No, 7 Tahun 2007 tapi masih ada kekurangan maka pemerintah desa perlu mengevaluasi kembali termasuk pihak-pihak yang tidak menjalankan tugas dan tanggungjawabnya serta meningkatkan koordinasi. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pemilihan Kepala Desa yakni masih banyak masyarakat tidak terdaftar sebagai pemilih tetap padahal merupakan masyarakat asli Desa Sepaso, calon kepala desa yang lulus verifikasi ada yang merupakan bukan putra daerah hal ini jelas melanggar Perda Kutai Timur No. 7 Tahun 2007, masih ada tim sukses pendukung salah satu calon yang melakukan politik uang, serta masih rendahnya tingkat kepatuhan panitia, tim pengawas, dan Pembina terhadap aturan pilkades dalam hal ini menindak pelanggaran pemasangan tanda gambar yang tidak sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditetapkan dalam peraturan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.si dan Hj. Hariati, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email