TINJAUAN TENTANG PELAKSANAAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA SAMARINDA (Ferry Ria Hagang )

February 28, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 28, 2017 @ 11:27 AM
IP: 61.5.105.202

  • 1. Title [Judul]: TINJAUAN TENTANG PELAKSANAAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ferry Ria Hagang
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan, Disiplin Kerja, Pegawai
  • 4. Description [Abstrak] : Latar belakang penulisan ini adalah Sumber daya manusia yang merupakan salah satu sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan/organisasi disamping sumber daya yang lain, misalnya modal, material, mesin dan teknologi. Dewasa ini semakin disadari oleh banyak pihak bahwa dalam menjalankan roda suatu perusahaan/organisasi, manusia merupakan unsur terpenting. Hal ini karena manusialah yang mengelola sumber daya lainnya yang ada dalam perusahaan/organisasi, sehingga menjadi bermanfaat dan tampa adanya sumber daya manusia maka sumber daya lainnya menjadi tidak berarti. Pegawai Negeri adalah unsur aparatur Negara, abdi Negara dan abdi masyarakat yang dengan penuh kesetiaan dan ketaatan kepada Pancasila. Negara, dan Pemerintah menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus yaitu pelaksanaan disiplin kerja pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda dengan indikator ketepatan waktu, menggunakan peralatan kantor dengan baik, tanggung jawab yang tinggi, ketaatan terhadap memakai seragam kantor, menggunakan kartu tanda pengenal, membuat ijin bila tidak masuk. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan penelitian arsip-arsip secara dokumen yang ada pada Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda. Sumber data yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dengan key informan adalah Kepala Dinas dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda. Informan adalah pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda.
    Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu masih belum optimalnya pelaksanaan disiplin kerja pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda khususnya mengenai ketepatan waktu. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan disiplin kerja pegawai pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda adalah karena kurangnya kesadaran pegawai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda tentang tujuan penerapan disiplin dalam organisasi dan lingkungan kerja serta kurangnya ketegasan pimpinan dalam memberikan sanksi kepada pegawai yang melanggar aturan yang berlaku di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra.Rosa Anggraeiny,M.Si dan Drs. M.Z.Arifin,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email