IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Rizki Dwi Habsari)

June 7, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 7, 2017 @ 4:54 PM
IP: 180.246.138.205

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 02 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN KARANG ANYAR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizki Dwi Habsari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, Pengelolaan Sampah
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Karang Anyar serta di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peraturan daerah nomor 2 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah yang meliputi proses penanganan sampah dan larangan sampah oleh Kelurahan Karang Anyar dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pengelolaan sampah.
    Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu obeservasi, wawancara langsung dengan responden dan penelitian arsip-arsip secara dokumen yang ada di Kelurahan Karang Anyar dan Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang mendeskripsikan serta menganalisis data yang diperoleh kemudian dijabarkan dalam bentuk penjelasan yang sebenarnya, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data (data reduction), dan penarikan kesimpulan (conclution drawing).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peratuan Daerah Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah dalam penanganan sampah sudah sesuai dengan perda yang ada, namun belum maksimal dikarenakan dalam perda terdapat larangan sampah yang masih dilanggar oleh masyarakat khususnya di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Faisal Ali S.Kom dan Hari Gunawan, S.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 07 JUNI 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email