KONSTRUKSI REALITAS METROTVNEWS.COM DALAM MEMBERITAKAN KISRUH PEMBEKUAN PERSATUAN SEPAKBOLA SELURUH INDONESIA (PSSI) OLEH MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA (MENPORA) TAHUN 2015 (Jefri Muhammad Noor)

June 15, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 15, 2017 @ 10:01 AM
IP: 114.125.201.31

  • 1. Title [Judul]: KONSTRUKSI REALITAS METROTVNEWS.COM DALAM MEMBERITAKAN KISRUH PEMBEKUAN PERSATUAN SEPAKBOLA SELURUH INDONESIA (PSSI) OLEH MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA (MENPORA) TAHUN 2015
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jefri Muhammad Noor
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Konstruksi, realitas, metrotvnews.com, PSSI, Menpora, kisruh.
  • 4. Description [Abstrak] : Abstrak
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menginterpretasi konstruksi realitas metrotvnews.com dalam kisruh pembekuan PSSI oleh Menpora tahun 2015. Fokus penelitian dalam penelitian ini sesuai dengan kerangka Framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki meliputi : SINTAKSIS cara wartawan menyusun berita, SKRIP cara wartawan mengisahkan berita, TEMATIK cara wartawan menulis berita, dan RETORIS cara wartawan menekankan berita.
    Jenis penelitian ini termasuk studi kualitatif interpretatif dengan metode analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan kliping rubrik berita tentang kisruh PSSI pada 1 Mei – 31 Juli 2015 yang diambil pada saat setelah terjadinya pembekuan organisasi PSSI oleh Menpora. Dengan alasan memilih 3 (tiga) berita tersebut, peneliti memilih berdasarkan like terbanyak pada situs metrotvnews.com. Kliping artikel berita yang telah dipilih tersebut kemudian dianalisis dengan kriteria perangkat framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki.
    Hasil dari penelitian menunjukan bahwa konstruksi yang dilakukan media metrotvnews.com mengenai kisruh pembekuan PSSI oleh Menpora sangat berpihak kepada kepentingan pemilik media terlihat dari berita-berita yang disajikan pada periode 1 Mei – 31 Mei 2015.
    Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah konstruksi yang dibentuk dari media metrotvnews.com mengarahkan persepsi khalayak atas keputusan pembekuan PSSI. Metrotvnews.com mengambil peran sebagai media oposisi yang mendukung kebijakan pemerintah dalam hal ini menpora.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunisa, S.Sos., M.M, Sarwo Eddy Wibowo, S.I.kom., MM
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email