MAKNA KOMUNIKASI NONVERBAL PADA TARI JEPEN TEPIAN OLAH BEBAYA (Adevia Faradila Pertiwi1)

August 24, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 24, 2017 @ 2:04 PM
IP: 36.75.95.106

  • 1. Title [Judul]: MAKNA KOMUNIKASI NONVERBAL PADA TARI JEPEN TEPIAN OLAH BEBAYA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adevia Faradila Pertiwi1
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi, Nonverbal, Tari Jepen
  • 4. Description [Abstrak] : Adevia Faradila Pertiwi; Makna Komunikasi Nonverbal pada Tari Jepen Tepian Olah Bebaya Skripsi, Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Mulawarman Samarinda. Dibawah bimbingan Hikmah, S.Sos., M.A dan Sabiruddin, S.Sos. I., M.A.
    Artikel ini berisi tentang Makna Komunikasi Nonverbal pada Tari Jepen Tepian Olah Bebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Makna Komunikasi Nonverbal Pada Tari Jepen yang dikembangkan di Sanggar Tari Telabang Taman Budaya Kota Samarinda.
    Fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi : Gerakan, Ekspresi, Iringan Musik, Pola Lantai, Tata Rias, dan Busana serta Panggung. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan yang diselidiki. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara kepada Ketua Sanggar Tari Telabang Bapak Bakti Hartavip dan penata tari Sanggar Tari Telabang Bapak Achmad Rizal.
    Hasil penelitian diperoleh gambaran mengenai makna komunikasi nonverbal pada tari jepen tepian olah bebaya yang didapat melalui unsur-unsur tari yang berkaitan dalam pesan komunikasi nonverbal. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa bahwa komunikasi nonverbal dapat direfleksikan menjadi dua hal yaitu suatu tindakan yang dilakukan secara sengaja atau tindakan yang memang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan atau cerita melalui gerakan serta ekspresi tertentu dengan harapan komunikan atau audience dapat mengerti dan memahami maksud pesan tersebut. Dapat dijabarkan bahwa makna komunikasi nonverbal pada Tari Jepen Tepian Olah Bebaya adalah sebagai bentuk penyampaian pesan karena didalamnya terkandung jenis pesan komunikasi nonverbal yang dituangkan dalam bentuk unsur-unsur tari.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hikmah, S.Sos.,M.A & Sabiruddin, S.Sos.I., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 24 Agustus 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email