GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO AREA PELAYANAN DI SAMARINDA (Fanny Anggriawan )

November 15, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 15, 2017 @ 1:38 PM
IP: 180.248.104.166

  • 1. Title [Judul]: GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO AREA PELAYANAN DI SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fanny Anggriawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: gaya komunikasi, PT. PLN (Persero) Area Samarinda
  • 4. Description [Abstrak] : Fanny Anggriawan, Gaya Komunikasi Organisasi Pimpinan Di PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Pelayanan Samarinda Bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Kheyene M., S. I. kom., M. I. kom selaku pembimbing II.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Gaya Komunikasi Organisasi Pimpinan Di PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Pelayanan Samarinda. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan secara langsung serta data sekunder menggunakan dokumen-dokumen, profil perusahaan, catatan, buku-buku ilmiah, dan hasil penulisan yang relevan.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Menurut Kriyantono (2006 : 69) penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Menggunakan analisis data dengan metode Miles dan Huberman yaitu analisis data yang diawali dengan proses pengumpulan, reduksi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penyajian data yang diperoleh dan penguraian pada pembahasan penelitian ini, diketahui bahwa terdapat 4 gaya komunikasi yang digunakan oleh pimpinan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Pelayanan di Samarinda yaitu The Equalitarian Style, The Structuring Style, The Dynamic Style, dan The Reliquishing Style. Dari berbagai gaya komunikasi ini, The Equalitarian Style merupakan gaya yang paling ideal digunakan dalam sebuah perusahaan, karena komunikasi terjalin secara dua arah yang dilandasi aspek kesamaan. Ciri khas gaya komunikasi ini adalah adanya arus komunikasi timbal balik. Komunikasi yang dijalin cenderung dilakukan secara terbuka dan dinilai efektif dalam membina empati serta kerjasama karena pengguna komunikasi seperti ini cenderung memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada karyawan dan mampu membina hubungan dengan baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M. Si & Kheyene M., S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15 NOVEMBER 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

54 total views, 5 views today