FORMULASI KEBIJAKAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) KELURAHAN DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA WILAYAH KOTA SAMARINDA TAHUN 2016 (Jerin)

November 20, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 20, 2017 @ 11:35 AM
IP: 110.137.216.222

  • 1. Title [Judul]: FORMULASI KEBIJAKAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) KELURAHAN DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA WILAYAH KOTA SAMARINDA TAHUN 2016
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jerin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: ormulasi, kebijakan, musyawarah, perencanaan, pembangunan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Formulasi Kebijakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kelurahan di Kecamatan Samarinda Utara Wilayah Kota Samarinda Tahun 2016, serta untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Formulasi Kebijakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kelurahan Di Kecamatan Samarinda Utara Wilayah Kota Samarinda Tahun 2016. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran serta penjelasan tentang variabel yang diteliti. Analisis data model interaktif dari Milles dan Hubberman, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses formulasi kebijakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dilaksanakan melalui tahapan-tahapan sesuai dengan mekanisme pelaksanaan musrenbang, dalam mekanisme pelaksanaaanya sudah sesuai dengan amanat undang-undang, program prioritas menjadi rujukan didalam mengusulkan setiap program yang akan dibahas dalam agenda musrenbang kecamatan. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses formulasi kebijakan musrenbang ini banyaknya program usulan yang dilakukan namun masih minimnya realisasi dari pemerintah kota samarinda, sehingga presepsi masyarakat menurun didalam melihat musrenbang sebagai forum yang bisa mewujudkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat secara objektif dan keadaan rill.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Syahrani, M.Si dan Drs. H. Hamdan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal AN

Loading

Print Friendly, PDF & Email