Perbandingan Gaya Kepemimpinan dan Prestasi Kerja Camat Periode 2010-2014 dan Periode 2014-2017 Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan (Karmila Dew)

November 22, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Dew, Karmila
On: Nov 22, 2017 @ 2:12 PM
IP: 192.168.10.40

  • 1. Title [Judul]: Perbandingan Gaya Kepemimpinan dan Prestasi Kerja Camat Periode 2010-2014 dan Periode 2014-2017 Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Karmila Dew
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: perbandingan, gaya kepemimpinan, prestasi kerja, penyelenggaraan pemerintahan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbandingan gaya kepemimpinan dan prestasi kerja camat periode 2010-2014 dan periode 2014-2017 dalam penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu. Latar belakang dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan menjadi suatu domain dalam suatu organisasi dan Prestasi Kerja merupakan alat ukur yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu kepemimpinan dalam suatu organisasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan metode perbandingan tetap atau Constant Comparative Method. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Long Apari dan di kantor kecamatan Long Apari yang dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan berupa observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa camat pada periode 2010-2014 dalam bekerja secara aktif dengan bawahan baik perseorangan maupun kelompok dalam cara berkomunikasi yang dilakukan kepada bawahannya dirasa kurang aktif sedangkan Camat periode 2014-2017 cukup bagus karena mudahnya Camat berkomunikasi serta sifat bersahaja yang dimiliki oleh Camat tersebut bisa menciptakan mudahnya komunikasi antara individu maupun kelompok. Mengikutsertakan bawahan dalam pengambilan keputusan memiliki kesamaan namun Camat pada periode 2010-2014 memiliki sifat yang kurang berkomunikasi dengan bawahannya sehingga sering terjadi kesalah pahaman yang disengaja maupun tidak disengaja. Selain itu dalam hal menerima masukan Camat kurangnya menerima pendapat dari bawahannya karena kurangnya komunikasi dengan bawahan sehingga seringnya terjadi perbedaan pemikiran.
    Sedangkan Camat periode 2014-2017 mempunyai sifat yang menoleransi kritikan atau masukan dan saran dari bawahannya dan mengevaluasi setiap saran serta masukan dari bawahan maupun dari masyarakat yang ada di Kecamatan Long Apari sehingga mudahnya mencapai suatu pemikiran yang sama yang ingin dicapai dalam sebuah organisasi, dan dalam pemberian motivasi Camat periode 2010-2014 dirasa kurang berkenan sedangkan Camat periode 2014-2017 dirasa bisa untuk memotivasi bawahannya serta bahasanya yang halus dan mudah dipahami bawahan. Faktor pendukung dari gaya kepemimpinan adalah prestasi kerja yang di capai sehingga sudah berkembangnya suatu organisasi tersebut, faktor penghambatnya adalah sumber daya manusia yang kurang sehingga membuat sarana serta prasarana yang ada di Kantor Camat Kecamatan Long Apari yang cukup memadai tidak berfungsi sebagai mana mestinya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Drs. Endang Erawan, M.Si 2. Budiman, S.Ip.M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email