Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibilities ( CSR ) PT. Indo Tambangraya Megah Tbk, Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Di Kelurahan Bontang Lestari (M. Deddy Arianto)

June 4, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S2 

Data Portal Mahasiswa S2

Submitted by: arianto, deddy
On: Jun 4, 2013 @ 8:12 PM
IP: 182.11.109.55

  • 1. Title [Judul]: Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibilities ( CSR ) PT. Indo Tambangraya Megah Tbk, Dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Di Kelurahan Bontang Lestari
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M. Deddy Arianto
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: corporate social responsibilities, PT. Indo Tambangraya Megah Tbk, Bontang Lesta
  • 4. Description [Abstrak] : Artikel ini memaparkan implementasi pelaksanaan program Corporate Social Responsibilities di PT. Indo Tambangraya Megah Tbk. Dengan prestasi keuntungan perusahaan yang mencapai angka Trilyunan rupiah, dalam melaksanakan Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007, Manajemen menyisihkan dana dari keuntungan bersih melakukan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat setempat di sector perikanan kelautan, pertanian dan peternakan yang dilaksanakan secara sistematis oleh Community Consultative Committee (divisi pelaksana CSR PT. Indo Tambangraya Megah Tbk). Pelaksanaan ini tidak lepas kordinasi dan sinergi positif secara bottom up, dengan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah , Pemerintah Kota dan Ormasy.
    Bontang Lestari sebagai wilayah dengan karakteristik alam yang ada, memiliki potensi geografi yang sangat mendukung terhadap pengembangan sector perikanan kelautan melalui budidaya ikan air tawar dan rumput laut, sementara sector pertanian melalui buah dan sayur, dan peternakan dengan ayam potong.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM yang menerima bantuan Corporate Social Responsibilities terdapat perubahan signifikan terhadap pengembangan usaha mereka dan adanya potensi ekonomi yang cukup besar bila dikelola secara kesinambungan dan pendampingan “Bapak Angkat”. Hal lain ialah terdapat kendala di antaranya adalah manajemen usaha kecil yang masih belum sempurna dan sikap mental usaha yang lebih positif.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Prrogram Magister Ilmu Administrasi Negara (MIAN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.]: Dr. Achmad Djumlani, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel Jurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email