RESPON KELUARGA MISKIN TERHADAP TAYANGAN IKLAN BPJS KESEHATAN (Studi Kasus pada Keluarga Miskin Kelurahan Air Putih Samarinda) (Annisa Winda Ariani)

May 30, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 30, 2018 @ 1:54 PM
IP: 110.139.144.128

  • 1. Title [Judul]: RESPON KELUARGA MISKIN TERHADAP TAYANGAN IKLAN BPJS KESEHATAN (Studi Kasus pada Keluarga Miskin Kelurahan Air Putih Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Annisa Winda Ariani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Respon, Keluarga Miskin, Iklan Televisi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kese
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Respon Keluarga Miskin Terhadap Tayangan Iklan BPJS Kesehatan pada Keluarga Miskin Kelurahan Air Putih Samarinda. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dan data primer diperoleh melalui wawancara kepada sepuluh Keluarga Miskin yang memenuhi kriteria-kriteria tujuan penelitian dan data sekunder diperoleh dari berbagai tulisan artikel, buku-buku dan internet. Hasil penelitian diperoleh gambaran yaitu Respon dari Keluarga Miskin yang menyaksikan tayangan iklan BPJS Kesehatan dan bertujuan untuk menganalisis respon positif atau negatif dari Keluarga Miskin. Dari respon yang diberikan dapat dilihat perubahan sikap dari keluarga miskin setelah menyaksikan tayangan ikan BPJS Kesehatan di televisi. Respon tersebut digunakan untuk dapat menganalisa keberhasilan BPJS Kesehatan dalam menayangkan Iklan Layanan Masyarakat. Dapat dianalisa mengenai iklan tersebut dapat diterima atau dapat ditolak, karena dengan begitu dapat dilihat elektif atau tidaknya iklan BPJS Kesehatan bagi keluarga miskin. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa Keluarga Miskin di Keluarahan Air Putih Samarinda memberikan respon yang baik dan sebaliknya iklan BPJS Kesehatan juga memberikan informasi dan menarik perhatian serta ketertarikan bagi keluarga miskin untuk dapat menggunakannya. Iklan BPJS Kesehatan ini telah mampu membawa pengaruh yang cukup baik dan mampu memberikan pesan yang baik melalui media massa dan menarik perhatian keluarga miskin melalui audio visual agar tertarik dengan cara kerjanya dan mau menggunakan BPJS Kesehatan .
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si dan Sabiruddin, S.Sos., I., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

45 total views, 1 views today