POLA KOMUNIKASI FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENJAGA STABILITAS KERUKUNAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN MELAK KUTAI BARAT) (Alfonsus Liquori Ndopo,Cathas Teguh Prakoso,Sabiruddin)

October 16, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 16, 2018 @ 3:46 PM
IP: 36.82.202.234

  • 1. Title [Judul]: POLA KOMUNIKASI FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MENJAGA STABILITAS KERUKUNAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN MELAK KUTAI BARAT)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alfonsus Liquori Ndopo,Cathas Teguh Prakoso,Sabiruddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pola Komunikasi,Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB),Menjaga Stabilitas Beragama
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pola Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Menjaga Stabilitas Kerukunan di Kecamatan Melak Kutai Barat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Pola komunikasi yang di gunakan dalam kelompok: pola komunikasi primer, sekunder, linear dan sekuler, yang bertujuan untuk meneliti Pola Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama dalam menjaga Stabilitas Kerukunan. Dalam penelitian ini untuk memilih informan dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Yaitu key informan yang ditunjuk adalah pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) beserta Masyarakat yang sudah mengikuti program Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) dan benar-benar mengetahui kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama tersebut sehingga mampu memberikan data secara maksimal. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah anggota dan simpatisan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi merupakan proses yang dirancang khusus untuk memudahkan pemikiran antara komunikator dan komunikan ketika melakukan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dari keempat pola komunikasi yang menjadi fokus penelitian, pola komunikasi primer tidak dapat diaplikasikan dengan baik karena komunikasi verbal dan nonverbal kurang diterapkan di dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tersebut, sedangkan ketiga pola komunikasi lainya telah diterapkan dan yang paling dominan digunakan ialah pola komunikasi linear.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso, S.Sos.,M.Si,Sabiruddin, S.Sos. I., M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Oktober 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

120 total views, 3 views today