PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN BERTRANSAKSI ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN (Sri Wulan Ayu Lestari)

February 12, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 12, 2019 @ 2:00 PM
IP: 36.83.48.187

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN BERTRANSAKSI ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sri Wulan Ayu Lestari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kemudahan Penggunaan, Keamanan Bertransaksi Online, Minat Pembelian Ulang
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan e-commerce yang memiliki ulasan kurang baik di Google Playstore yaitu perusahaan Shopee. Berdasarkan data pada Google Playstore. Shopee memiliki total bintang 1 sebanyak (5,9%) sedangkan kompetitornya Tokopedia memiliki total bintang 1 sebanyak (5,3%) dari total pengguna. Shopee memiliki persentase bintang 1 lebih banyak dibandingkan Tokopedia. Dalam penelitian ini menggunakan teori e-commerce menurut Siregar (2010) E-commerce adalah suatu kegiatan perniagaan/bisnis yang mencakup proses pembelian, penjualan barang/jasa dan pertukaran informasi dengan menggunakan komputer yang didukung oleh kecanggihan teknologi.Teknik sampling yang digunakan non probability sampling (purposive sampling). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software IBM SPSS 23. Hasil perhitungan regresi linear berganda Berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemudahan penggunaan dan keamanan bertransaksi online secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen. Dari hasil uji t diketahui bahwa variabel bebas kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen. Demikian juga variabel bebas keamanan bertransaksi online secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang konsumen. Untuk perusahaan Shopee, agar dapat mempertahankan kemudahan dalam penggunaan aplikasi dan meningkatkan sistem keamanan dalam fitur – fitur aplikasi agar meminimalisasi terjadinya masalah dalam proses transaksi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M.Zaini, M.Si dan Muhammad Fikry, M.BA., BBA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11 Februari 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

42 total views, 3 views today